Sunday, May 9, 2010

Pencak Silat

          Pencak silat atau silat (berkelahi dengan menggunakan teknik pertahanan diri) ialah seni bela diri Asia yang berakar dari budaya Melayu. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura tapi bisa pula ditemukan dalam berbagai variasi di berbagai negara sesuai dengan penyebaran suku Melayu, seperti di Filipina Selatan dan Thailand Selatan. Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, saat ini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh.
        Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Persilat (Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa), adalah nama organisasi yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam untuk mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara.
     Dalam Pencak silat ada  juga istilah dalam pencak silat juga aspek dan bentuk . Dalam istilah di dunia pencak silat dibagi lagi menjadi Sikap dan Gerak, Teknik dan Jurus.lalu dalam aspek dan bentuk dibagi pula menjadi 4 aspek yaitu :
  1. Aspek Mental Spiritual
  2.  Aspek Seni Budaya 
  3. Aspek Bela Diri 
  4. Aspek Olah Raga

0 comments:

Post a Comment

now, you know my secrets