Saturday, May 8, 2010

Pohon Filometik

Pohon Filomemetik

Pohon filogenetik mahluk hidup di dunia (sumber: 
Wikipedia).
Pohon filogenetik mahluk hidup di dunia (sumber: Wikipedia).
Indonesia memiliki variasi bahasa, motif, lagu daerah, tarian, senjata, obat-obatan, desain rumah adat yang sangat banyak. Lalu, bagaimanakah caranya agar kita dapat melihat hubungan yang ada di antar artefak-artefak budaya tersebut? Seberapa dekat tari Saman dengan tari Merak? Apakah tari Tortor lebih dekat ke tari Saman atau tari Merak?
Dalam biologi, telah dikenal konsep pohon filogenetik, yang merupakan konstruksi hubungan antar spesies. Taksonomi hierarkis ini dikonstruksi dengan melihat konfigurasi gen spesies yang ada di dunia ini. Dari pohon tersebut, kita akan dapat mengetahui jarak antara ayam dan angsa atau jarak antara ayam dan ikan mas. Lebih jauh bahkan kita akan dapat mengetahui pola evolusi mahluk hidup. Jika di biologi di kenal konsep gen dan pohon filogenetik maka di budaya dikenal konsep meme dan pohon filomemetik. Pohon filomemetik adalah sebuah taksonomi hierarkis yang merepresentasikan hubungan kekerabatan antar artefak budaya. Taksonomi hierarkis ini dikonstruksi dengan melihat konfigurasi meme dalam artefak budaya.
Pohon filomemetika disusun dari tabel memepleks (kumpulan meme-meme), yang merefleksikan fitur-fitur artefak-artefak yang diobservasi, di mana di dalamnya terdapat informasi tentang matriks jarak antar artefak. Jarak ini yang kemudian diterjemahkan lebih lanjut ke dalam visualisasi pengklusteran artefak.

0 comments:

Post a Comment

now, you know my secrets